USAHA DISTRO
Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan
kami bergerak di bidang perdagangan yang
menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Garut,
khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud
dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam
bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan
fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat
pengangguran,
4) Menjalin persahabatan
antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan
atau laba.
- Latar Belakang
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang
berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan Garut indah merupakan perumahan yang relatif baru
dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang
mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari
fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan
ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh
dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta
keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam
bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion
dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan
D’maddy yang berdiri di
kota Garut, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang
melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya
kebutuhan fashion dalam
yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.
- KEGIATAN PROMOSI
a.Promosi Penjualan b. Produk Sampel c. Intensifikasi
pameran dagang/bazaar/pasar malam. d. Diskon Khusus/Pemberian voucher Jaminan
Produk.
- Keunggulan dan Kompetensi SDM Lain-lain
1.Desain Pakaian
2.Komputer
3.Bahasa Inggris.
·
Lokasi
Lokasi yang dipilih
merupakan tempat yang strategis di Perumahan Komp. Garut Indah karena berada
tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama
perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat
dengan mudah dicari dan didatangi.
·
Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang
dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak
terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 10m x 8m.
·
Waktu
Operasional
Waktu untuk melakukan
pelayanan usaha distro ini
dibuka dari pukul
09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
·
Kesan
/ Counter Style
Kesan yang akan kami
bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman
berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena
pelayanan yang memuaskan.
·
Konsep
Promosi
Membuat sebuah display di
pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar
bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis D’Maddy distro akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat.
·
Target Pelanggan
Target pelanggan Distro
ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion
yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas
tertentu.
·
Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha distro
ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang
nyaman dan kekeluargaan.
·
Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya
kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan
sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin
marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu
produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi
dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o Hasil sablon sangat rapi dan tidak
mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Ø
Kegunaan
produk
Sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan
mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·
Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen,
·
kualitas produk terjamin.
·
sesuai dengan selera masyarakat.
·
Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup
lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu
bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami
berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan
D’Maddy Distro terletak di Jl. Guntur, No. 56 Garut – Jawa Barat. Distro
ini sudah memenuhi persyaratan
berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari
pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah
lancar.
·
Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan
dalam perusahaan D’Maddy Distro ini dapat dilihat pada bagan berikut :
·
Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau
supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah
terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik
konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik
dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
·
Penetapan Harga
Harga yang
akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
·
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan
kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual
produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah
dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
·
Strategi Promosi yang akan
dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada
perusahaan ini antara lain :
•
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap
bulannya.
•
Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial
maupun forum.
•
Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro .
Ø
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
|
·
Strength
(Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.
Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.
Menjual produk yang berkualitas
|
|
·
Weaknes
(Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
|
·
Oportunity
(Peluang)
1.
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing
walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul
di kemudian hari.
2.
Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp.
Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
|
·
Threaty
(Ancaman) :
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
·
Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi
adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini
disebabkan semakin banyaknya distro-distro
maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan
lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala
internasional. Dengan
ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro
lainnya. Sebagai upaya
untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan
menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan
masyarakat. Dengan begitu
pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
- PENUTUP
Usaha pakaian DISTRO sebenarnya memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan
usaha, potensi pasar untuk pakaian abg ini cukup besar..Jadi menurut kami usaha
pakaian DISTRO inicukup menjanjikan.Karena perkembangan industry garmen pun
sudah meningkat pesat.Pemilihan usaha pakaian DISTRO pada segmen tertentu
terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun
kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada
pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar